Full RSS article to email

Kita tentunya ingin mendapatkan berbagai informasi secara cepat dan up to date, bahkan mungkin di jaman ini, up to minute atau up to second. Begitu pula harapan saya. Internet menjawabnya. Tapi rupanya capek juga ya kalo setiap saat harus browsing, googling, ubek2 sana sini, buka2 forum, buka2 situs berita macam detik.com, kompas.com, vivanews.com dll. Sampai pada akhirnya diciptakanlah apa yang namanya feed, RSS, atom. Per definisi, saya juga tidak begitu paham, tapi intinya ini adalah umpan berupa informasi terbaru dari suatu situs. Lebih lanjut, silahken tanya om google atau tante wiki. Artikel ini merupakan suatu informasi, tips atau trik untuk memanfaatkan RSS tersebut menjadi suatu pemberi informasi yang lebih powerfull.

Beberapa waktu yang lalu saya keracunan apa yang namanya BlackBerry. Sebelumnya saya tidak pernah tertarik dengan BlackBerry, layanannya mahal, handsetnya mahal, apalagi isu PIN kloning dan barang BM bikin saya tambah males aja ngelirik. Jadilah, mungkin sejak 2 tahun yang lalu, saya mencari-cari layanan apa yang bisa menyamai blackberry. Push email gratisan banyak saya coba, baik di symbiannya nokia, maupun windows mobile. Tapi rupanya, ada seorang teman yang menunjukkan betapa ampuhnya blackberry untuk urusan email. Jadilah saya beli blackberry. Start low. Beli murah-murahan aja dulu. 8703e. Blackberry CDMA. Loh kok CDMA? Yup. Sekali nyobain layanan BIS Smart, operator CDMA pertama di Indonesia yang menyediakan layanan BlackBerry Internet Service. Just info, blackberry CDMA sebagian besar sudah support EVDO. Apa itu EVDO? EVDO itu padanan layanan 3G di CDMA. Jadi, saya pikir ini yang paling worthed. 1juta udah bisa kenceng.

Terus, apa hubungannya ya paragraf satu sama dua? Hubungannya, saya ingin memadukan “push”nya blackberry dengan “feed”nya RSS. Mendorong umpan itu masuk ke handset kita. Kitanya pasif saja, tidak perlu browsing buka situs macem-macem, berita dateng.

Rupanya, blackberry juga miskin aplikasi RSS. Banyak sih sebenernya, cuman yang bisa jalan di punya saya cuman viigo, itupun gak sesuai harapan. Soalnya ini aplikasi butuh memori banyak. Lelet oiy. Akhirnya terpikir memanfaatkan push mailnya saja. Terus, gimana caranya nge-push RSS ke email. Lagi-lagi, banyak layanan gratis untuk ini, tapi cuman 1 (baca: satu!) Yang sesuai keinginan saya, gratis, dan satu email satu artikel. Rata-rata, yang gratisan itu push to emailnya harian, mereka mengumpulkan beberapa berita dulu baru dikirimin ke email, ini macam yahoo alert, feed2mail, rss2mail dll. Ilang dong ya esensi kekiniannya, ibaratnya gempa udah kerasa, beritanya baru dateng.. Apa itu satu layanan yang saya maksud? reblinks.therssweblog.com jawabannya. Layanan ini bisa mengirimkan satu artikel RSS di satu email. Gratis pula. Cuma sepertinya belum dikelola secara profesional, jadi terkadang ada beberapa berita yang tidak terkirim? “Beberapa”nya itu berapa? Saya tidak bisa pastikan, tapi sepertinya tidak begitu signifikan.

Cukup sampai di sini? Rupanya belum. Saya belum puas. Karena satu artikel RSS rupanya (beberapa situs, terutama situs berita) tidak berisikan full berita yang dimaksud. Jadi kadang hanya beberapa kalimat pertama, bahkan RSS beberapa jurnal kedokteran cuman berisi nama-nama penelitinya. Males deh bacanya. Saya ingin full.. Hehe.. Ada gak ya? Rupanya, ada layanan yang bisa mengubah RSS feed yang setengah-setengah itu jadi RSS feed yang full. Dia adalah fivefilters.org.

Kalo kita browsing, terutama menggunakan mozilla firefox, jika suatu situs menyediakan layanan RSS, biasanya di sudut kanan kolom address ada lambang RSSnya, klik aja, nanti kan keluar alamat RSSnya, kalo RSSnya udah full artikel, tinggal lanjut ke reblinks, copy alamat tersebut ke kolom di reblinks. Kalo belum full, masukkan dulu ke fivefilters sampai keluar alamat RSS yang baru, yang bisa full artikel. Alamat yang baru hasil fivefilters ini yang nantinya dimasukkan ke reblinks. Bagaimana dengan situs yang tidak menyediakan layanan RSS feed? Ada yang namanya feedburner. Layanan ini sudah dibeli google, jadi feeburner.google.com kalo gak salah. Layanan ini katanya bisa memfeed suatu situs yang tidak memiliki RSS feed. Tapi saya belum pernah coba.

Jadi kombinasi RSS feed-fivefilter-reblinks-email-blackberry bisa menjadikan suatu informasi yang benar-benar up to second. Memang layanan-layanan macam reblinks atau fivefilters itu gratisan, jadi belum benar-benar ampuh. Mungkin kalo ada pembaca blog saya yang jago bahasa pemrograman web, punya server, punya niat baik, bisa mewujudkannya. Kalo gak salah reblinks atau fivefilters juga menyediakan semacam script untuk layanan ini. Cuman, karena saya gak paham sama sekali, ngikut aja deh. Apa bisa ya suatu blog diubah jadi server semacam itu? Hmm..

__________________

Anjang K. Netra

Tinggalkan Balasan

