Hello world! [Pindah Blog]

 

Image representing WordPress.com as depicted i...
Image via CrunchBase

 

Beberapa teman yang sudah mengenal saya sebelumnya mungkin bertanya-tanya mengapa saya memindahkan layanan blogging saya ke WordPress.Jawabannya sederhana saja. Karena blog yang dibuat di wordpress.com otomatis dibuatkan juga situs versi mobile-nya. Jadi, artikel yang saya buat bisa secara langsung diakses secara mobile via mobile phone, baik dengan browser native-nya maupun third party macam opera mini. Opera sendiri sesungguhnya juga menyediakan layanan mobile blogging yang cukup baik, tapi saya kok tidak begitu tertarik ya. Entahlah, mungkin karena saya juga jarang melihat blog-blog yang cukup terkenal menggunakan opera (atau saya yang kuper?). Blogger-nya Google (Blogspot), juga menyediakan yang namanya blogging on the go.  Tapi rupanya menurut mereka, yang disebut mobile blogging adalah kemampuan untuk membuat dan mengirimkan artikel secara mobile. Tidak termasuk kemampuan dalam hal membacanya. Jadi Blogger cukup baik dalam hal ini. Mereka menyediakan layanan blogging via sms, mms dan email (untuk yang memakai layanan BlackBerry misalnya). Saya belum tahu apakah WordPress juga menyediakan layanan blogging via sms dan mms, tapi yang jelas kalau via email ada. Kalau penyedia layanan yang lain, saya kurang paham.

Saya sebenarnya tidak begitu intens melakukan aktivitas blogging. Sebenarnya saya mulai melakukan aktivitas blogging sejak tahun 2007. Tapi, yang terekam di arsip, saya pertama kali posting tahun 2008, tepatnya ketika saya PTT. Itu karena saya lebih senang utak-atik hal teknisnya daripada substansi isinya. Jadi antara tahun 2007 sampai 2008 itu, banyak yang isinya plagiat. Dulu saya masih norak. Baru tau yang namanya RSS. Saya feed banyak jurnal kedokteran dan kemudian menaruhnya di blog saya. Jadi hanya sedikit sekali yang murni tulisan asli saya. Sekarang semua posting itu saya hapus. Saya malu kalo dianggap sebagai plagiator. Di tahun 2009, kebiasaan itu muncul lagi, ya saya hapus lagi. Walhasil, cuman satu post yang nongol di tahun 2009..😀. Dan entah kenapa, kok tangan ini gatel pengen nge-blog lagi di penghujung 2010 ini. Mungkin saya melihat beberapa teman saya, seperti Andri dan Luluch yang sekarang blognya begitu maju, terus kepengen juga😀. Atau juga terpacu lagi ngeblog, setelah disindir Om Yunan. Atau juga bisa karena gak ada kerjaan.. Sebenernya sih kalo dibilang gak ada kerjaan relatif ya? Hmm.. Saya ndak tahu, nanti coba saya carikan dulu alasannya.

Kembali ke substansi awal, mengapa ketersediaan akses blog secara mobile ini begitu penting untuk saya? Karena saya melihat banyak aktivitas internet saat ini dilakukan secara mobile. Setidaknya menurut saya, berdasarkan apa yang saya alami selama ini. Walaupun sudah established, menetap di satu lokasi, tidak lagi nomaden seperti sebelum menikah dulu, saya tetap lebih senang akses internet lewat HP. Baru kalo dirasa perlu saya akan gunakan komputer. Surfing, browsing (ini dua istilah lama, anak muda jaman sekarang masih kenal istilah ini gak ya?), googling (hayo.. Siapa yang gak kenal mbah google ngacung! Siapa yang tugas sekolahnya, kuliahnya, skripsinya, koasnya, kerjaannya gak pernah ngambil dari google ngacung!), fesbukan (siapa yang gak punya account facebook, angkat tangan!), mailing (siapa yang gak punya email?), bahkan ngaskus aja udah bisa lewat HP (mangstab gan!, gak tau ni istilah dari mana, perasaan dulu kenal kaskus, gak pake istilah kek gini deh). Atau mungkin social networking yang sekarang naik daun, semua hampir dipastikan bisa diakses lewat HP. Ibaratnya, jaman sekarang kalo situsnya gak bisa diakses lewat HP bakal ketinggalan. Karena keterbacaan (readability) dan kemudahan akses itu begitu penting untuk berkembangnya suatu situs. Bukankah sebagian besar kita membuat sesuatu di internet agar diketahui, dikunjungi dan dibaca orang?

Sebenarnya sih, sebagian besar HP jaman sekarang juga sudah bisa untuk akses halaman web yang besar-besar. Tapi kok kalo melihat ketersediaan jaringan wireless di negeri kita tercinta, Indonesia, yang ada justru membuat kita kesal. Walaupun HPnya canggih kayak apa juga, kalo jaringannya dodol ya sama aja Bos.. Maka dari itu kita perlu memikirkan agar apa yang kita buat ini cukup ringan ukuran datanya sehingga bisa diakses secara cepat, ringan dan mudah lewat HP.

Sayangnya, WordPress.com juga memiliki beberapa kekurangan dibandingkan WordPress.org yang saya baru menyadarinya belakangan. Salah satunya adalah jika kita meletakkan blog kita sebagai free account di wordpress.com, WordPress tidak mengijinkan adanya embedding dan javascript dalam bentuk apapun di dalamnya. Sehingga, dua sidebar favorit saya dari blog lama saya, yaitu slideshow picture untuk menampilkan foto-foto saya di picasa dan visitor map untuk menampilkan geolocation pengunjung berdasarkan IP di google maps (jadi bisa di zoom in dan zoom out) terpaksa tidak bisa ditampilkan (setelah penasaran mencari solusinya selama 5 jam, akhirnya nyerah juga). Kalo pake hosting sendiri sih bisa, karena ada banyak (buanyak buanget malah) plungins yang tersedia.

Tidak apa-apa, saya terima dulu saja. Nulis yang banyak. Kalik aja ada rezeki untuk hosting sendiri.. Amin..

One thought on “Hello world! [Pindah Blog]”

Tinggalkan Balasan

