Senjakala aktivitas blogging.

Bete juga rasanya, sudah satu bulan bikin blog tapi sepi-sepi aja traffic-nya. Sedikit melakukan pencarian jawaban kenapa hal ini bisa terjadi, tapi kok tidak ada yang memuaskan. Sedikit teori saya, aktivitas blogging saat ini sudah melewati masa puncaknya.

Buktinya, beberapa saat lalu saya membuat tulisan tentang ibu saya, kebetulan tulisan ini dibuat memang untuk mengikuti Lomba Blog dalam rangka peluncuran album baru Ungu. Sesuai persyaratan lomba, saya juga menampilkannya di note facebook saya, dan men-tag 25 teman saya. Alhasil, sampai hari ini, tulisan yang ditampilkan di blog ini hanya dikunjungi satu kali, dan saya sangat yakin, itu kunjungan saya sendiri. Sebaliknya, note facebook saya disukai 16 orang teman saya, dan diisi 40 komentar. Hampir sebagian besarnya, tidak termasuk 25 orang yang saya tag. Memang perbandingannya tidak seimbang. Saya sudah aktif di facebook hampir 2 tahun yang lalu. Selain itu, facebook juga memiliki fitur notifikasi yang cukup ampuh. Selain teman-teman yang memang saya tag langsung, notifikasi untuk note saya ini juga akan muncul di atas jika menjadi top news.

Tapi argumentasi di atas langsung terpatahkan oleh kasus kedua saya. Saya juga membuat satu tulisan lain tentang Bank Syari’ah. Lagi-lagi, tulisan ini juga dibuat untuk mengikuti lomba blog yang diadakan Kompasiana dan iB. Tulisan ini juga ditampilkan di situs microblogging atau citizen journalism milik Kompasiana. Saya menjadi member Kompasiana dalam waktu yang bersamaan dengan tulisan itu dibuat. Hasilnya, memang kunjungan untuk tulisan yang dimuat di blog lebih banyak dibandingkan kasus pertama, yaitu 6, tetapi masih tetap tanpa komentar. Kalah jauh dibandingkan tulisan saya yang ada di Kompasiana yang sudah dibaca sebanyak 138 kali, dan dikomentari 1 kali.

Lagi-lagi, kondisinya memang berbeda. Facebook dan Kompasiana sudah cukup established dan lalu lintas pembacanya cukup tinggi. Ditambah fiturnya dirancang sedemikian rupa sehingga memungkinkan pengguna lain mengetahui dan membacanya. Dengan kata lain readability-nya cukup tinggi.

Lalu bagaimana caranya meningkatkan kunjungan blog ini? Tentu saja dengan menanamkan sebanyak-banyaknya link ke blog ini di situs atau blog lain yang ramai pengunjung. Pilihan pertama jelas Google. Caranya adalah seperti yang banyak orang bilang, SEO, Search Engine Optimization. Atau memasang link di situs social networking macam facebook atau twitter. Cara lain, seperti yang saya lakukan, mengikuti lomba blog. Tujuan utamanya memang karena niat menang lomba. Dengan niat itu, saya bersungguh-sungguh membuat tulisan. Tetapi efek samping mengikuti lomba blog adalah link kita juga tertanam di situs lomba itu. Blogwalking dan trackback juga cukup efektif menarik pengunjung. Berikut resume referrer blog saya selama satu bulan ini:

trackback 26
lomba 13
facebook 20
blogwalking 4
twitter 2

Ternyata trackback paling menolong saya. Padahal saya membuatnya juga tidak disengaja. Saya hanya mencantumkan link dari blog yang menjadi sumber tulisan saya.🙂 Beruntung memang, wordpress sangat lihai dalam urusan ini.

Bisa jadi kesimpulan saya ini memang terlalu cepat. Tapi siapa sih yang rela menunggu lama di jaman sekarang?

Entahlah, saya jadi berpikir kembali untuk nge-blog..

masih ngeblog

gambar dari: chickenstrip.org

 

P.S. Senangnya jika tulisan ini menjadi inspirasi bagi tulisan lain, yang selanjutnya jadi inspirasi bagi tulisan lainnya lagi..🙂

10 thoughts on “Senjakala aktivitas blogging.”

  1. hehe
    karena wordpress bukan sistem jejaring ya
    jadi ya kunjungannya personal
    kalau facebook, kompasiana, atau multiply misalnya, kan modelnya jejaring, jika ada yang upload/posting bisa tahu updatenya

    salam kenal🙂

  2. ooo, tiap hari ngliatin *site stats* yang seksi tooo?
    ndak papa mas, ndak ada yg ngunjungi jg ndak papa..
    yg penting nulis dan berbagi ..
    klo nulis krn berharap dibaca orang nanti mlh ndak nge-blog, alias nulis..
    nulis as usual saja…
    klo saya nge-blog buat saya sendiri kok… *berbagi*, klo gak ada yg mau dibagi ya sudah…

    lanjutkan..

      1. balas lagi ah …,
        kalau saya melihat site stats bukan fokus pada jumlah traffic, tapi saya melihat profil dan dari mana orang mendapatkan blog saya, ini menarik karena saya bisa tahu, ooo.. blog saya beredar di kalangan anak2 SMA atau mungkin para guru atau orang-orang sejawat.. ini yang menarik buat saya biar tahu segmen pasar kita tuh siapa sih …hahah.. meskipun traffic tidak pernah dapat 300 dalam sehari.. saya ndak peduli .. tp kalau tahu kata kunci untuk nemu blog saya itu jg jd hal yang menarik ..
        anyway.. saya ngeblog sejak 2007, ada pasang surut update.. tapi sejak saya meyakinkan diri saya bahwa saya ngeblog buat diri saya, mungkin bisa dua artikel dalam sehari.. tp selalu saya simpan dulu .. biar tidak dobel posting dalam sehari..jd keliatan tiap hari ada yang baru .. jd buat tabungan tulisan … hahaha .kok jd panjang lebar .. anway .. selamat nge-blog pak dokter ..
        jangan kendur.. idep-idep nabung buat buku kelak suatu hari nanti …
        salam

  3. Cahyo Rahmadi :
    balas lagi ah …,
    kalau saya melihat site stats bukan fokus pada jumlah traffic, tapi saya melihat profil dan dari mana orang mendapatkan blog saya, ini menarik karena saya bisa tahu, ooo.. blog saya beredar di kalangan anak2 SMA atau mungkin para guru atau orang-orang sejawat.. ini yang menarik buat saya biar tahu segmen pasar kita tuh siapa sih …hahah.. meskipun traffic tidak pernah dapat 300 dalam sehari.. saya ndak peduli .. tp kalau tahu kata kunci untuk nemu blog saya itu jg jd hal yang menarik ..
    anyway.. saya ngeblog sejak 2007, ada pasang surut update.. tapi sejak saya meyakinkan diri saya bahwa saya ngeblog buat diri saya, mungkin bisa dua artikel dalam sehari.. tp selalu saya simpan dulu .. biar tidak dobel posting dalam sehari..jd keliatan tiap hari ada yang baru .. jd buat tabungan tulisan … hahaha .kok jd panjang lebar .. anway .. selamat nge-blog pak dokter ..
    jangan kendur.. idep-idep nabung buat buku kelak suatu hari nanti …
    salam

    Bisa sampe nabung tulisan? Keren juga. Padahal tulisannya bermutu semua.. ckckckck.. Makasih banyak pak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s