Apa yang harus dilakukan untuk melindungi diri dari abu vulkanik?

Apa yang harus dilakukan untuk melindungi diri dari abu vulkanik?

Kurangi berkendara Segera setelah hujan abu, meskipun hanya hujan abu ringan, jarak pandang dan kualitas udara dapat secara dramatis terkena dampaknya, khususnya akibat resuspensi abu oleh lalu lintas. Air hujan dapat memperbaiki kualitas udara, namun ini sifatnya hanya sementara sampai abu menjadi kering kembali. Kami rekomendasikan agar Anda tidak berkendara maupun tidak keluar rumah setelah hujan abu. Jika ada harus berkendara, jaga jarak antara kendaraan Anda dengan kendaraan di depan Anda serta berkendaralah pelan-pelan.

Kurangi jumlah abu di dalam rumah Tutup semua pintu dan jendela selagi memungkinkan.

Perlindungan Untuk kegiatan pembersihan abu vulkanik, haruslah selalu menggunakan masker. Jika masker tidak tersedia, gunakan masker dari kain yang akan menyaring partikel abu yang menyebabkan iritasi tenggorokan dan mata. Basahi kain dengan air akan meningkatkan efektivitas penyaringan abu. Penderita bronkitis, emfisema dan asma dianjurkan untuk tetap berada di dalam ruangan serta menghindari paparan abu.

Perlindungan mata Dalam lingkungan dengan abu vulkanik halus, pakai kacamata atau kacamata korektif daripada lensa kontak untuk melindungi mata dari iritasi.

Air minum Setelah hujan abu ringan, biasanya aman mengkonsumsi air yang terkontaminasi abu vulkanik, namun akan lebih baik jika kita menyaringnya terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya. Meskipun demikian, abu akan meningkatkan kebutuhan klorin untuk mensterilkan air. Hal ini menyebabkan air menjadi tidak layak minum bila dilihat dari aspek mikrobiologis. Abu pada awalnya membuat rasa air menjadi tidak enak dan pada akhirnya membuat air tidak aman untuk dikonsumsi. Cara paling aman adalah dengan mempersiapkan stok air sebelum terjadinya hujan abu. Persiapkan air minum yang cukup paling tidak untuk satu minggu (satu galon atau 3-4 liter, per orang per hari). Jika Anda bergantung pada air hujan, tutuplah tangki air dan putus saluran pipa sebelum hujan abu turun.

Sayuran yang ditanam di rumah Sayuran yang tertutup abu vulkanik di ladang aman untuk dikonsumsi asal sebelum dikonsumsi sayuran tersebut harus dicuci dengan air bersih.

Pembersihan abu Berilah sedikit air pada abu vulkanik sebelum diangkat menggunakan sekop. Berhati-hatilah dalam memberikan air pada abu di atas atap, karena dapat menyebabkan kelebihan beban dan runtuhnya atap. Penyapuan abu vulkanik kering akan menyebabkan abu terbang ke udara, hal ini harus dihindari. Menyemprot abu dengan banyak air juga berpengaruh pada ketersediaan air bersih di daerah yang padat penduduk.

Tindakan pencegahan untuk anak-anak Anak-anak menghadapi bahaya yang sama dari suspensi abu sebagaimana kelompok usia lainnya. Akan tetapi tingkat kerentanan anak-anak lebih tinggi karena secara fisik mereka lebih kecil. Di samping itu, secara psikologis, mereka belum mampu untuk bersikap rasional dan bijaksana, tidak seperti orang dewasa yang mampu melakukan tindakan pencegahan untuk menghindari paparan abu yang tidak perlu. Meskipun bukti menunjukkan bahwa paparan sejumlah kecil abu tidak berbahaya, kami menyarankan Anda mengambil tindakan pencegahan berikut ini:

  • Jagalah anak-anak agar tetap berada di dalam ruangan
  • Anak-anak harus dinasehati agar tidak bermain atau berlari-lari di luar, karena semakin dalam menarik napas berarti semakin dalam partikel abu dapat masuk ke paru-paru
  • Masyarakat di daerah hujan abu tebal dapat mengatur program penitipan anak agar orang tua dapat melakukan tugas pembersihan
  • Jika anak-anak harus di luar rumah ketika hujan abu, mereka harus memakai masker (sebaiknya yang disetujui oleh IVHHN). Perlu diketahui bahwa sebagian besar masker dirancang untuk orang dewasa.
  • Cegahlah anak-anak bermain di daerah dimana banyak abu.

Referensi

BAHAYA ABU VULKANIK TERHADAP KESEHATAN Pedoman untuk Umum. International Volcanic Health Hazard Network (IVHHN), Cities on Volcanoes commission (IAVCEI), GNS Science, dan United States Geological Survey (USGS).

Peta Merapi:

Peta zonasi bahaya gunungapi Merapi radius 20 km

Peta zonasi ancaman banjir lahar dingin

Peta GunungApi Merapi

Persiapan mencegah gangguan kesehatan dari abu vulkanik:

Apakah abu vulkanik itu?

Apa saja dampak abu vulkanik terhadap kesehatan?

Apa yang harus dilakukan saat terjadi hujan abu vulkanik

Langkah‐langkah yang harus dilakukan untuk persiapan hujan abu vulkanik

Hal‐hal yang harus dipersiapkan sebelum hujan abu vulkanik

Masker seperti apa yang sebaiknya dipakai untuk debu vulkanik?

Membersihkan abu vulkanik

Apa yang harus dilakukan untuk melindungi diri dari abu vulkanik?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s