Bell’s palsy: bukti terbaru

Bell's palsy diagram
Image via Wikipedia

Bell’s palsy adalah paralisis nervus facialis yang bersifat akut, idiopatik dan unilateral. Sebagian besar pasien sembuh total, kecuali sekitar 30% yang prognosisnya buruk, seperti kelemahan otot wajah yang menetap, gangguan psikologis dan nyeri facial.

Pada tahun 2001, American Academy of Neurology mengeluarkan guideline untuk tata laksana Bell’s palsy. Saat itu, karena bukti yang belum cukup, penggunaan steroid dan atau asiklovir belum ditetapkan. Saat ini, telah dilakukan banyak penelitian, melibatkan 1800 pasien dan pada akhirnya dapat memberikan kesimpulan yang lebih jelas mengenai tata laksananya.

Steroid jelas memberikan perbaikan berdasarkan dua penelitian. Pertama The Scottish Bell’s palsy trial yang melibatkan 551 pasien menunjukkan 83% pasien yang diberikan prednisolon dalam 72 jam onset (50mg/hari selama 10 hari) menunjukkan kesembuhan dibandingkan 63,6% yang diberikan plasebo selama 3 bulan. Penelitian kedua adalah The Swedish Trial yang melibatkan 839 pasien, menunjukkan 72% kelompok yang diberikan steroid (Prednisolon 60mg/hari selama 5 hari diturunkan 10mg/hari hingga 10 hari dimulai dalam 72 jam onset) memperlihatkan kesembuhan dalam 12 bulan.

Obat antivirus sebaliknya tidak menunjukkan perbaikan. Tetapi, beberapa rekomendasi masih diberikan karena adanya kecurigaan bahwa Bell’s palsy disebabkan oleh reaktivasi herpes simplex virus (HSV), walaupun hipotesis ini belum pernah dibuktikan. Sebuah penelitian di Jepang menunjukkan adanya bukti reaktivasi HSV hanya 19%, sama jumlahnya dengan reaktivasi varicella zoster 19%.

Sumber di sini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s