Diagnosis dan penatalaksanaan low back pain (LBP)

The Disc Low Back Leg Pain
Image by planetc1 via Flickr

Low back pain adalah penyakit yang dapat sembuh sendiri dalam beberapa hari atau minggu (akut, tetapi pada beberapa orang dapat terjadi lebih lama (kronis). Penyebabnya biasanya strain pada tulang, ligamen atau otot di tulang belakang (muskuloskeletal).

Tetapi, low back pain dapat juga disebabkan oleh kondisi yang lebih berat, seperti kanker atau masalah di tulang belakang yang menyebabkan kerusakan saraf. Dokter perlu untuk menyingkirkan adanya penyakit yang lebih berat ini. Belum dapat dipastikan apakah pemeriksaan rontgen, CT, CAT, MRI atau pemeriksaan lain diperlukan dalam kasus ini.

Tujuan utama terapi adalah mengurangi nyeri dan membantu pasien melanjutkan aktivitas sehari-harinya. Pilihan terapi dapat berupa obat-obatan (antinyeri, anti radang, dan relaksan otot), fisioterapi, latihan punggung, edukasi untuk mencegah cedera tulang belakang dan bagaimana menanganinya serta terapi alternatif (akupunktur, pijatan, manipulasi spinal).

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pemeriksaan penunjang hanya berguna jika memang ada saraf yang rusak, dan biasanya pengobatan secara mandiri (self care) sudah membantu. Hasil penelitian yang bervariasi masih ditemukan untuk terapi alternatif.

Dokter harus tetap memperhatikan riwayat penyakit pasien dan hasil pemeriksaan fisik untuk menentukan apakah low back pain hanya disebabkan oleh sebab muskuloskeletal, atau ada kerusakan saraf, atau bahkan kondisi lain yang perlu mendapat perhatian.

Dokter sebaiknya tidak melakukan pemeriksaan penunjang seperti rontgen, CT, MRI atau pemeriksaan lain kecuali mereka mencurigai adanya kerusakan saraf atau penyebab spesifik lainnya. Jika ada kecurigaan ke arah kerusakan saraf, mungkin diperlukan pembedahan atau injeksi spinal. Pemeriksaan MRI adalah yang terbaik dalam mencari kerusakan saraf. CT scan adalah yang terbaik kedua.

Dokter dan pasien harus mendiskusikan perkembangan penyakit; pentingnya tetap melakukan aktivitas sehari-hari; dan pilihan-pilihan pengobatan secara mandiri, seperti pemanasan, pemijatan atau latihan.

Sumber di sini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s