INILAH obat untuk berhenti merokok

Bupropion
Image via Wikipedia

Merokok adalah penyebab utama kematian dini di negara berkembang yang seharusnya dapat dicegah. Dalam 50 tahun ke depan, akan ada sekitar 450 juta perokok di seluruh dunia yang akan meninggal akibat merokok. Selain kampanye STOP MEROKOK melalui berbagai makalah, gambar dan pidato tentang bahaya dan dampak merokok, ada obat yang dapat digunakan untuk berhenti merokok.

Bupropion dan vareclinine adalah dua di antaranya. Tulisan ini utamanya akan membahas tentang bupropion.

Bupropion terbuat dari amphetamine dan awalnya digunakan sebagai obat anti depresi di awal tahun 1990. Pada tahun 1996, pertama kali diketahui efek berhenti merokoknya. Bupropion diserap di lambung, dimetabolisme di hati dan dikeluarkan lewat ginjal. Waktu paruhnya sekitar 21 jam. Bupropion dapat menempati reseptor asetilkolin dari nikotin, sehingga menimbulkan efek menyerupai nikotin. Saat kadar nikotin berkurang akan timbul mekanisme yang disebut dopamine reuptake, sebaliknya, bupropion menghambat reuptake ini.

Kemampuan menghentikan ketagihan

Sekitar 1 dari 5 perokok berhasil berhenti merokok selama satu tahun dengan obat ini. 60% pasien yang berusaha untuk berhenti merokok, sebelumnya sudah pernah berusaha untuk berhenti. Perulangan ini biasanya menyebabkan berkurangnya keberhasilan, dan efek bupropion tampaknya tidak terpengaruh oleh kondisi ini.

Efek samping

Beberapa efek samping yang ditemukan yaitu: insomnia, mual/muntah, pusing, gemetar, gangguan pencernaan, konsentrasi, nyeri dada, berdebar-debar, tekanan darah turun, gangguan kencing dan gangguan pada gula darah. Efek samping ini meningkat jika obat tidak diminum secara teratur. Sekitar 30% pasien akan berhenti minum obat karena efek samping ini. Tetapi, pada dasarnya, orang yang berusaha berhenti merokok tanpa minum obat ini juga akan mengalami gejala yang sama, sehingga tidak ada perbedaan yang bermakna.

Kontraindikasi

Bupropion dikontraindikasikan pada pasien dengan riwayat kejang, gangguan afektif bipolar, gangguan pola makan, hamil dan menyusui. Perhatian harus diberikan pada pasien usia lanjut dan gangguan ginjal dan hati.

Interaksi obat

Bupropion menghambat cytochrome p450 2D6, sehingga harus dihindari pemberian bersama obat yang dimetabolisme dengan sitokrom ini seperti SSRIs, antidepresan trisiklik, beta blockers, propafenone, fl  ecanide, risperidone dann thioridazine.

Referensi

Scott Wilkes. The use of bupropion SR in cigarette smoking cessation. International Journal of COPD 2008:3(1) 45–53. download

5 thoughts on “INILAH obat untuk berhenti merokok”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s