Amankah obat anti muntah untuk meningkatkan ASI?

D is for Domperidone
Image by hopeandmegan via Flickr

Tulisan tentang Obat anti muntah : meningkatkan produksi ASI menimbulkan beberapa pertanyaan dari teman-teman saya,

dukundigital, berkomentar, Wee lagi ngerti yen Meto n Domperidone mbancarke ASI. Tapi efek ke Baby gimana nih???

Vicky Laurentina, bertanya, Bagaimana cara kerja metoklopramid dan domperidon sehingga mampu meningkatkan produksi laktasi?

Berikut jawaban yang dapat saya temukan.

Produksi air susu ibu yang tidak mencukupi adalah salah satu penyebab utama kegagalan pemberian ASI eksklusif. Dokter biasanya meresepkan obat-obatan yang dapat memperbanyak produksi sehingga ASI lancar. Obat ini dinamakan galactogogue. Obat ini paling sering diindikasikan pada ibu yang melahirkan bayi prematur. Obat ini di antaranya: metoclopramide, domperidone, chlorpromazine, sulpiride, oxytocin, growth  hormone, thyrotrophin releasing hormone, medroxyprogesterone.

Penyebab berkurangnya produksi ini di antaranya: kelahiran prematur, penyakit pada bayi atau ibu, pemisahan ibu-anak, laktasi tidak langsung (menggunakan pompa ASI), kecemasan, kelelahan dan stress emosional. Untuk meningkatkannya bisa dengan beberapa cara lain seperti dukungan psikologis dan teknik relaksasi. Karenanya, jika penyebab berkurangnya produksi dapat diketahui dan ditangani, penggunaan obat galaktogogue tidak diperlukan. Begitu pula pada ibu tiri, ibu asuh, ibu angkat atau adoptif.

Prolaktin (PRL) adalah hormon yang dibuat dan dilepaskan oleh adenohipofisis. PRL dilepaskan ke aliran darah sebagai respons stimulus hisap di puting susu. Dopamin adalah inhibitor fisiologis dari PRL

Metoclopramide

Cara kerja

Metoclopramide melawan (antagonis) pelepasan dopamine di sistem saraf pusat (SSP), sehingga meningkatkan kadar PRL.

Efek samping bagi bayi dan moms

Pada bayi, hanya ditemukan dua kasus gangguan pencernaan ringan dari penelitian. Pada ibu dilaporkan efek samping mudah lelah, pusing, cemas dan gangguan pencernaan.

Dosis rekomendasi untuk efek galaktogogue

10-15mg, 3 dd 1, PO, 1-4 minggu, maksimal 45 mg/hari.

Rekomendasi pada menyusui

Lewis et al. tidak menyepakati penggunaan metoklopramid pada menyusui karena obat ini disekresikan lewat ASI.

Domperidone

Cara kerja

Domperidon adalah antagonis dopamin perifer.

Efek samping

Tidak ada efek samping yang dilaporkan pada bayi yang ibunya mengkonsumsi domperidon. Obat ini berpotensi menimbulkan aritmia, sehingga ibu dengan gangguan jantung dilarang mengkonsumsinya. Domperidon kurang permeabel dibandingkan metoklopramid dan kurang larut dalam air, serta berat molekulnya lebih besar, sehingga efek ekstrapiramidalnya lebih jarang dibandingkan metoklopramid.

Dosis rekomendasi untuk efek galaktogogue

10 mg, 3 dd 1, PO, 1-2  minggu

Rekomendasi untuk menyusui

Domperidon dilarang beredar di Amerika Serikat sejak Juli 2004, karena efek aritmia dan sudden death pada pasien kanker yang diterapi domperidon intravena, sehingga data penelitian terhadap obat ini sedikit tersedia.

Diskusi

Galaktogogue dapat diberikan secara imperatif jika cara lain tidak berhasil. Domperidon lebih dipilih sebagai drug of choice. Tetapi, di Amerika Serikat, sebagai alternatif dapat diberikan metoklopramid. Walau obat antipsikotik juga dapat meningkatkan produksi ASI, obat ini cenderung berkumpul di sistem saraf pusat dan berpotensi menghambat perkembangan otak bayi. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mencari obat lain yang lebih aman dari jenis herbal, dan membandingkannya dengan obat yang sudah ada.

Referensi

Zuppa AA, Sindico P, Orchi C, Carducci C, Cardiello V, Romagnoli C, Catenazzi P. Safety and Efficacy of Galactogogues: Substances that Induce, Maintain and Increase Breast Milk Production. J Pharm Pharmaceut Sci. 2010;13:162 – 174.

6 thoughts on “Amankah obat anti muntah untuk meningkatkan ASI?”

  1. gan bukane domperidon iku obat masuk angin yak?? heheheh..kok adeku yang dokter suka bilang “masuk angin ngombe domperidon wae!”

  2. Tergantung Definisi masuk angin versi siapa?
    Ada yang mengartikan masuk angin identik dengan Commond cold dan ada juga masuk angin yang mengartikan kembung, perasaaan mual… dll
    IMHO Kalo Masuk angin versi kembung mual, domperidone masih bisa ditolerir lah… walaupun masih kurang tepat. No Offen gan..🙂

  3. 😀 lah kalo masuk angine “angin duduk” sing notabene gejala angina, dikasi domperidon apa gak risiko aritmia gan? kita sharing aja lah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s