INILAH para dokter kaya versi Forbes.com

Forbes.com
Forbes.com

Heboh diberitakan bahwa baru saja forbes mengeluarkan daftar 40 orang terkaya di Indonesia. Fantastis, karena jika digabung, total kekayaan para taipan tanah air yang mencapai US$ 71 miliar itu, hampir mendekati total cadangan devisa Indonesia yang pada pertengahan November mencapai US$ 93 miliar. Karena itu, saya sih termasuk yang pesimis kasus mafia pajak bisa tuntas, jangankan membeli pejabatnya, membeli negara ini saja, dalam tahun depan mereka sepertinya sudah bisa kok. Dalam hal ini, saya kemudian tertarik untuk mencari tahu adakah dokter yang pernah masuk dalam daftar orang terkayanya forbes?

Bagi saya, tidak ada yang menarik dari daftar 40 terkaya Indonesia ini. Biasanya lingkup bisnisnya adalah pabrik rokok. Tidak heran karena rokok adalah penyumbang devisa terbesar. Sayangnya, biaya kesehatan yang dikeluarkan akibat rokok justru 5,1 kali lipat lebih banyak dari cukai tembakaunya. Bisnis lainnya adalah tambang, perkebunan seperti batubara, kelapa sawit, perbankan, dan industri makanan dan minuman. Selain itu, beberapa memang memperoleh kekayaannya secara inherited (diwariskan).

Hasil pencarian awal, saya justru menemukan artikel yang kemudian saya sadur di tulisan Alasan untuk tidak menjadi dokter. Ternyata dunia kedokteran dan kesehatan memang sudah masuk masa twilight. Apa iya? Inilah hasil temuan saya:

Yang masuk di 40 besar Indonesia

Boenjamin Setiawan

Biasa dipanggil dr. Boen, lulusan FK UI dan PhD farmakologi dari University of California. Pada tahun 1966 mendirikan Grup Kalbe dan mengembangkan bisnis di dunia farmasi.

Chairul Tanjung

Dokter gigi lulusan FKG UI. Demi memenuhi kebutuhan kuliah, Ia mulai berbisnis dari awal yakni berjualan buku kuliah stensilan, kaos, dan lainnya di kampusnya. Ia juga membuka usaha foto kopi di kampusnya. Chairul juga pernah mendirikan sebuah toko peralatan kedokteran dan laboratorium di bilangan Senen Raya, Jakarta Pusat, tetapi bangkrut. Jaringan bisnis terbesarnya justru di lingkup perbankan, media dan properti melalui Asuransi Umum Mega, Asuransi Jiwa Mega Life, Para Multi Finance, Bank Mega Tbk, Mega Capital Indonesia, Bank Mega Syariah, Mega Finance, Para Bandung propertindo, Para Bali Propertindo, Batam Indah Investindo, Mega Indah Propertindo, Trans TV, Trans 7, Mahagagaya Perdana, Trans Fashion, Trans Lifestyle, Trans Studio dan Bandung Supermall.

Yang masuk di daftar dunia 2010

Dmitry Rybolovlev

Dengan nongol di urutan ke-79 dunia tahun ini, Dmitry Rybolovlev adalah dokter terkaya di dunia menurut forbes yang berhasil saya temukan. Tidak ada lagi dokter di urutan teratasnya. Mungkin ini salah, karena banyak juga yang tidak dicantumkan pendidikannya (N/A). Dalam usia 43 tahun, kekayaannya tahun ini adalah 8,6 milyar dollar AS, didapat sendiri dari industri fertilizer. Lulusan Perm Medical Institute tahun 1990, pada tahun 1995 dia sudah memimpin Urakali, pabrik fertilizer pottasium terbesar di Rusia saat itu. Hal ini wajar di Rusia pada tahun 1990-an. Sejak Uni Soviet runtuh, Presiden Boris Yeltsin memulai privatisasi perusahaan-perusahaan negara. Rybolovlev mendapat ijin dari Menteri Keuangan untuk transaksi sekuritas, sesuatu yang jarang di masa itu. Hal inilah yang membantunya mengakuisisi pabrik lokal Urakali, yang saat ini telah  menjadi pabrik fertilizer potasium terbesar di dunia.

Patrick Soon-Shiong

Lulusan Medical Doctor dari University of Witwatersrand. Pemilik Abraxis Health yang fokus pada pengembangan biomarker. Tahun 2005 menemukan obat generik Abraxane untuk pengobatan kanker. Tahun ini, dia masuk di urutan 154 dunia.

Heinz-Horst Deichmann

Seorang dokter orthopedi yang berhenti dari prakteknya di tahun 1956 untuk meneruskan usaha sepatu keluarganya. Usaha itu saat ini telah berubah menjadi ritel sepatu terbesar di Eropa, Deichmann-Schuhe GmbH. Masuk urutan terkaya dunia ke-178 tahun ini.

Thomas Frist Jr

Lulusan Medical Doctor dari Washington University. Sebelumnya dia menjadi dokter di Angkatan Udara AS, dan tahun 1968 mendirikan Hospital Corp. yang saat ini menjadi HCA Healthcare, penyedia layanan kesehatan terbesar di AS. Thomas Frist masuk urutan 316 dunia tahun ini.

Phillip Frost

Masuk urutan 437 orang terkaya dunia versi Forbes tahun ini. Lulusan Albert Einstein, Medical Doctor; University of Pennsylvania. Kekayaannya didapat dari industri farmasi Teva Pharmaceuticals.

Gary Michelson

Lulusan Hahnemann Medical College. Masuk urutan 773 dunia tahun ini karena menang dalam pengadilan atas hak kekayaan intelektualnya sebagai dokter bedah yang menemukan spinal implant terhadap perusahaan pembuat alat kedokteran Medtronic tahun 2005. Atas uang ini, dia kemudian membentuk dua yayasan yang membiayai penelitian ilmiah dan biologi reproduktif.

Yang masuk di daftar lain

Shin Chang-Jae

Orang terkaya ke-5 di Korea Selatan tahun ini. Profesor obstetrik yang mengambil alih bisnis ayahnya yang menderita kanker. Saat ini menjadi Chairman Kyobo Life Insurance, perusahaan asuransi terbesar kedua di Korea Selatan.

Chen Lip Keong

Lulusan Bachelor of Medicine and Surgery (MBBS) dari University of Malaya tahun 1973. Memiliki perusahaan NagaCorp Ltd. yang menguasai bisnis judi di Kamboja dan beberapa bisnis property serta pariwisata di Malaysia. Dia masuk dalam urutan 29 orang terkaya di Malaysia tahun ini.

Pongsak Viddayakorn

Lulusan Medical Doctor, Siriraj Faculty of. Medicine, Mahidol University. Pemilik terbesar Bangkok Dusit Medical Service, yang membawahi 27 RS di Thailand dan 2 RS di Kamboja. Masuk dalam urutan 40 orang terkaya di Thailand tahun ini.

Loo Choon Yong

Lulusan M.B.B.S dari University of Singapore. Mendirikan Raffles Medical pada tahun 1976 dengan 2 klinik, dan saat ini telah berkembang menjadi jaringan 72 Rumah Sakit di berbagai negara termasuk Indonesia. Adalah orang terkaya ke-23 di Singapura tahun ini.

Prathap Reddy

Lulusan Stanley Medical College in Chennai. Pemilik jaringan Rumah Sakit  Apollo Hospital yang saat ini telah berkembang menjadi 50 RS dengan lebih dari 8.000 tempat tidur di India dan seluruh dunia termasuk Oman, Yaman dan Bangladesh, serta 900 apotik. Tahun ini masuk menjadi orang terkaya ke-83 di India.

William W McGuire

Orang terkaya ke-322 di AS tahun 2009. Chief Executive dari United Healthcare, perusahaan asuransi terbesar kedua di AS. Keluar dari prakteknya sebagai dokter spesialis paru dan jantung pada tahun 1984 untuk masuk ke bisnis ini.

Andreas Strungmann

Orang terkaya di dunia ke-156 tahun 2009. Meninggalkan praktek dokternya di Afrika Selatan untuk membuat pabrik obat Hexal AG pada tahun 1986. Saat ini menjalankan Santo Holding investment arm yang berinvestasi di sektor bioteknologi di Jerman, terutama penelitian kanker.

John Gandel

Orang terkaya ke-647 dunia tahun 2009. Lulusan Medical Doctor dari Melbourne University. Memperoleh kekayaannya dari 50% saham Chadstone, shopping mall terbesar di Australia.

Kesimpulan

Banyak jalan untuk menjadi kaya seperti telah ditunjukkan oleh para dokter ini. Bisa tetap di dalam bidangnya atau keluar, sama saja. Tetapi, yang jelas tidak ada yang kaya dengan hanya mengandalkan gaji dari bekerja pada orang atau institusi lain atau praktek pribadi. Dan tidak ada yang menjadi kaya dalam sekejap. Hampir semuanya adalah orang-orang yang saat ini telah berusia tua. Harus ada sesuatu yang istimewa, entah itu jaringan Rumah Sakit terbesar, industri farmasi, hak kekayaan intelektual, menemukan obat atau suatu teknik.

Sumber

Indonesia’s 40 Richest

Forbes.com

10 thoughts on “INILAH para dokter kaya versi Forbes.com”

  1. jika mungkin, saya berharap untuk bisa beroleh kekayaan dari jalan lain yang tidak ada kaitannya dengan profesi saya..
    meskipun dengan profesi saya yang sekarang ini sebenarnya banyak orang yang telah menjadi sangat sukses secara finansial (dimata orang lain yang menilai, dan itu mungkin subyektif)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s