Memasukkan atribut alamat secara masal di GPSmapedit

OpenOffice.org Calc icon
Image via Wikipedia

Lagi-lagi atas permintaan seorang teman saya membuat tutorial ini. Bagi para penggila GPS mapping yang familiar dengan software GPSmapedit tentu saja akan sampai pada satu titik dimana dia kesulitan untuk memasukkan atribut alamat, nomor jalan dan nomor telepon karena saking banyaknya POI yang didapatnya. Tutorial ini sedikit banyak bisa membantu.

Dasar dari tutorial ini adalah menggunakan cara tabulasi pada spreadsheet, baik menggunakan software Microsoft Excel atau OpenOffice.org Calc, yang kemudian diubah(convert) ke file map polish *.mp yang sesungguhnya adalah juga file text (bisa dibuka menggunakan software notepad).

Software yang diperlukan yaitu:

  • Software untuk editing spreadsheet, bisa berupa Microsoft Excel, OpenOffice.org Calc atau software lain, tapi pastikan software yang Anda pakai bisa menyimpan file dalam bentuk text tab delimited yang berekstensi *.txt
  • Sebenarnya, bisa juga menggunakan software text editor seperti Notepad, Notepad++, TotalEdit, EditPad atau yang lain, tetapi Anda akan kesulitan karena tampilannya kurang friendly. Kami sendiri prefer menggunakan Notepad++.
  • Software untuk convert dari file text tab delimited *.txt ke file map polish *.mp dan sebaliknya. Yang kami gunakan adalah software Split buatan Bos Buyung Akram, yang bisa Anda download di sini.
  • Dan terakhir tentu saja GPSmapedit.

Anda bisa memulainya dengan file *.mp yang sudah ada atau membuat file spreadsheet yang baru. Tapi jika Anda menggunakan file *.mp, sebaiknya pisahkan dulu antara point, polyline dan polygon secara manual. Software split.exe sendiri sebenarnya bisa memisahkannya, tetapi ada kemungkinan atribut routing juga ikut terbuang. Caranya di sini.

Jika sudah terpisah, jalankan file split.exe, melalui windows > start > run > ketik cmd.cmd

 

Pindah direktori ke lokasi file split.exe Anda. Fungsi split. exe bisa diketahui dengan mengetik “split /?”fungsi splitEksekusi program dengan “split -file=e:\a-point.mp”splitAkan terbentuk 5 filesplitted fileAbaikan semua kecuali yang berekstensi *.txt yang tidak lain merupakan file text tab delimited yang kita butuhkan.

Buka file tersebut dengan menggunakan software spreadsheet yang kita pakai. Ubah seperlunya, masukkan atribut alamat, nomor jalan, nomor telepon.

Jika Anda mulai baru from scratch, mulailah dari sini. Buatlah file spreadsheet dengan kolom-kolom seperti file ini, yaitu:

Type Type Descr Nama Object Alamat No Rumah Phone GPS LOcation

Type adalah tipe POI yang kita gunakan. [navigasi.net] menggunakan custom type yang rinciannya bisa Anda lihat di file berikut. Map skin custom untuk GPSmapedit tersebut bisa diambil di sini.

Type Descr adalah deskripsi dari type yang kita gunakan. Dikosongkan saja tidak apa-apa.

Nama Object adalah penamaan dari obyek POI. [navigasi.net] menggunakan pedoman umum penamaan obyek yang bisa dilihat di sini.

Alamat, No Rumah dan Phone sudah cukup jelas. Cara penulisan juga mengikuti pedoman umum di atas.

GPS LOcation adalah koordinat lokasi GPS. Ditulis dengan format “(Lat,Lon +ddd.ddddd)” tanpa tanda kutip, contoh:

(-7.55964,110.84304)

Anda tinggal menambahkan obyek di baris di bawah sendiri jika diinginkan.

Type Type Descr Nama Object Alamat No Rumah Phone GPS LOcation
0x3024 Klinik ASI Eksklusif Service Jalan Kapten Mulyadi 385 +62 (271) 63 5869 (-7.589649,110.827713)

Kembalikan file text tab delimited *.txt yang sudah Anda ubah sana sini tadi dengan split.exe menggunakan perintah: “split –file=e:\a-point_Point.txt –cvt”convertAkan muncul file tambahan dengan nama *_PointConvert.mp, dengan isi sesuai obyek yang sudah kita perbaiki. tambahDan, obyek kita akan muncul di dalamnya. hasil

6 thoughts on “Memasukkan atribut alamat secara masal di GPSmapedit”

  1. Keren juga dunia per-GPS-an ini…salam kenal Pak thanks buat share infona…nubie baru tertarik sm alat GPS ini hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s