Inilah dokter dibalik timnas Indonesia

Dalam suramnya prestasi tim nasional sepakbola Indonesia, kemenangan demi kemenangan yang diperoleh tim garuda ini pada Piala AFF Suzuki 2010 (dahulu Tiger Cup) tahun ini cukup menggembirakan kita semua. Christian “El Loco” “Mustafa Habibi” Gonzales, Irfan Haarys Bachdim, Markus “Haris Maulana” Horison Ririhina, Muhammad Nasuha, Maman Abdurrahman, Muhammad Ridwan, Hamka Hamzah, Eka Ramdani, Oktovianus Maniani, Firman Utina dan Bambang Pamungkas adalah nama-nama di antara personel timnas itu yang mendadak terkenal bak selebriti.

Dibalik kesuksesan timnas itu, tentu saja ada sang pelatih dan offisial tim yang turut berperan di dalamnya. Termasuk di dalamnya para dokter yang bertanggung jawab terhadap kesehatan para pemain timnas itu. Berikut adalah para dokter tersebut:

dr. Zaini Khadafi Saragih

dr. zaini

Sumber: linkedin.com 

dr. Zaini Khadafi Saragih adalah anggota Komite Medis PSSI periode 2009-2011. Dokter ini sempat hampir membuat pelatih timnas saat ini, Alfred Riedl, dipecat. Ceritanya, sekitar dua bulan lalu, Alfred Riedl sempat mengusir dr. Zaini dari rapat internal timnas. Andi Darussalam tidak terima  dengan keputusan ini.

Saat ini sedang melanjutkan studi spesialisasi kedokteran olahraga di UI.

dr. Aditya Wahyudi

 

dr.aditya

Foto: dr. Aditya (tengah), sumber: detik news.

dr. Aditya sedang menempuh spesialisasi rehabilitasi medik di Unpad/RSHS bandung. Dokter ini yang ikut ke Bukit Jalil untuk menemani timnas kita besok. Dia juga yang membebat kepala Nasuha saat sobek dalam pertandingan vs Filipina 16 Desember kemarin.

dr. Erwin Christianto, M.Gizi, Sp.GK

Dokter yang satu ini khusus menangani menu makanan pemain timnas (M.Gizi berarti magister gizi dan Sp.GK adalah kependekan dari spesialis gizi klinik). Beliau yang menentukan makanan mana yang boleh dan tidak boleh masuk ke perut para pemain timnas. Beliau adalah ketua program spesialisasi gizi klinik FK UI Jakarta.

8 thoughts on “Inilah dokter dibalik timnas Indonesia”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s