Metode kanguru, skin to skin care

Kini, inkubator bukan satu-satunya solusi bagi perawatan bayi prematur atau bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR). Menempelkan bayi pada dada telanjang ibu dan ayahnya juga bisa menjadi inkubator alami. Perawatan semacam ini disebut skin to skin care atau metode kanguru. Memang perlu adaptasi, tapi bisa dilatih dan berdampak positif pada bayi.

Metode inkubator alami membutuhkan adaptasi bagi orang tua untuk mempelajarinya. Orang tua perlu memberanikan diri untuk menghangatkan bayi dengan bersentuhan kulit. Jika bayi mengalami demam, suhu panas bayi akan diserap oleh orang tuanya melalui kulit. Bayi juga akan mendapat panas dari orang tuanya.

Metode ini juga menjadi stimulasi bagi bayi yang bisa berdampak pada perkembangannya. Perawatan ini sangat baik dilakukan para ibu yang melahirkan bayi prematur atau bayi kecil karena bayi hafal gerak tubuh ibu dari pengalamannya di kandungan.

Metode Kanguru mampu mengurangi rasa sakit dan stress pada bayi, serta mempengaruhi perkembangan bayi. Sedangkan bagi orang tua, metode ini memberikan rasa percaya diri pada ibu, memberikan ikatan lebih kuat antara ibu dan bayi, serta meningkatkan produksi ASI.

Dikutip dari Majalah Interaksi Edisi 3 Tahun 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s